Agak Mirip, Dermatitis Venenata Kadang Dikira Herpes Zoster


Dermatitis venenata seringkali dikira herpes zoster. Sebab kedua kondisi ini sama-sama dicirikan dengan keluhan rasa panas dan nyeri. Penampakannya yang seperti luka lecet memanjang dan diikuti munculnya lepuh menjadikan dokter umum pun kadang salah diagnosis.

"Dermatitis venenata sangat mirip dengan herpes zoster. Tidak hanya orang awam, dokter umum juga sering salah diagnosa dan memberikan obat antivirus," kata spesialis kulit dan kelamin, dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Selasa (24/11/2015).

Keluhan utama dermatitis venenata, lanjut pria yang akrab disapa dr Darma ini, hampir sama dengan herpes zoster. Sebab pasien sama-sama mengeluh panas dan perih. Selain itu gambaran berupa lepuh kecil juga dijumpai pada venenata sehingga sepintas terlihat mirip herpes zoster.

"Ciri khas venenata adalah adanya central nekrosis atau gosong pada bagian tengahnya dan umumnya membentuk garis linier," terang dr Darma.

Baca juga: Dermatitis Venenata, Iritasi yang Mirip Luka Lepuh di Kulit

Dia menjelaskan dermatitis venenata umumnya dikeluhkan pada pagi hari. Selain itu, penampakan luka lecet muncul mendadak karena umumnya pada malam hari kumbang penyebab dermatitis venenata lewat atau mengenai tubuh.

"Sangat berbeda dengan herpes zoster, karena merupakan penyakit virus, umumnya ada keluhan panas badan, pusing mual atau istilahnya flu like syndrome sebelum munculnya gejala dan muncul perlahan-lahan," tutur dr Darma.

Perhatikan foto berikut ini. Mungkin sepintas mirip herpes, namun jika dilihat arah kelainan kulitnya tidak sesuai dengan pola dermatome atau pola perjalanan saraf pada kulit. Pada herpes zoster, arahnya harus sesuai dermatome, karena virusnya diam di saraf dan menyebar sesuai perjalanan saraf.

0 Response to "Agak Mirip, Dermatitis Venenata Kadang Dikira Herpes Zoster"

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme