WAKTU TERBAIK UNTUK OLAHRAGA BAGI ORANG YANG SULIT TIDUR

Waktu Terbaik untuk Olahraga Bagi Orang yang Sulit Tidur


  Olahraga pada dasarnya bisa dilakukan kapan saja. Tetapi jika Anda termasuk orang yang sering sulit tidur atau sulit untuk tidur nyenyak sepanjang malam, mungkin ada baiknya Anda memilih waktu berolahraga yang paling tepat.

Waktu yang tepat saat olahraga ternyata bisa berpengaruh pada kualitas tidur di malam hari. Menurut penelitian, orang yang berolahraga sekitar jam 7 pagi bisa lebih cepat tidur malam dibandingkan dengan mereka yang berolahraga di siang atau sore hari.

Sementara itu, mereka yang mulai berolahraga jam 7 malam bukan hanya tidur lebih nyenyak dibandingkan orang yang tak berolahraga, tapi juga dibanding yang memilih olahraga pagi.

Dengan kata lain, jika Anda sering kesulitan untuk memejamkan mata saat malam, olahraga pagi mungkin akan membantu. Sementara itu, jika Anda sulit untuk tidur nyenyak sepanjang malam, olahraga pada sore menjelang malam lebih dianjurkan.

Bila memilih pagi hari, kemungkinan siklus tidur kita akan berubah karena harus bangun lebih pagi. Aktivitas fisik tersebut, bersama dengan pembakaran kalori sepanjang hari, bisa membuat kita lebih mengantuk sehingga tidur pun lebih cepat.

Jika olahraga dilakukan malam hari, hal tersebut meningkatkan panas tubuh dan akan membuat otot lebih rileks. Efeknya hampir sama dengan mandi air hangat. Kombinasi antara panas tubuh dan rasa lelah otot setelah olahraga bisa membuat kita tidur nyenyak sampai pagi.

Jadi, mana waktu olahraga yang paling sesuai untuk Anda?





0 Response to "WAKTU TERBAIK UNTUK OLAHRAGA BAGI ORANG YANG SULIT TIDUR"

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme