Hal yang Harus Dilakukan Saat Kecelakaan di Rumah




Kecelakaan bisa terjadi kapan pun dan di mana pun, termasuk ketika sedang berada di rumah. Misalnya saja terpeleset di kamar mandi, teriris pisau hingga mengalami pendarahan, atau terkena luka bakar.


Head of Emergency Department dari Siloam Hospitals Kebun Jeruk, dr Wahyuni Dian Purwati memberi tips dan saran jika kecelakaan menimpa kita saat sendiri di rumah.

Jika terjadi kecelakaan di rumah dan mengalami pendarahan, terutama saat kita masih sadar, hentikan pendarahan tersebut. Gunakan handuk atau sejenisnya yang bisa menyumbat dan menghentikan pendarahan.

“Gunakan handuk, tekan pendarahan, dan jangan dibuka-buka. Secara otomatis pembuluh darah dan sel-selnya akan berusaha menghentikan pendarahannya sendiri. Jika dibuka lagi, lukanya akan lepas lagi, ” ujarnya.

Selanjutnya jika mengalami jatuh di kamar mandi dia berkata jangan memaksa tubuh untuk berdiri. Ini kebiasaan orang yang menurutnya salah. “Jika tubuh tidak bisa bangun jangan dipaksakan. Jika ada handphone, telepon orang terdekat atau telepon ambulans,” kata Wahyuni.

Kasus lain adalah ketika mengalami luka bakar, baik itu yang berasal dari listrik, air panas, cairan kimia, atau api. Banyak orang melakukan pengobatan yang salah dengan cara mengoleskan mentega, pasta gigi, dan menyiram air es ke luka tersebut.

“Basuhlah luka tersebut dengan air biasa dan mengalir untuk menghilangkan panas. Kemudian ketika sudah hilang, oleskan bioplasenton jika punya. Selanjutnya bawa ke UGD jika lukanya cukup parah,” katanya.

Hal terakhir yang paling penting menurutnya jangan pernah sednirian di rumah. Hal ini untuk mengantisipasi jika kecelakaan menimpa kita sehingga kita cepat mendapat pertolongan. “Sebisa mungkin jangan sendirian di rumah,”

0 Response to "Hal yang Harus Dilakukan Saat Kecelakaan di Rumah"

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme