Tanaman Torbangun Bisa Lancarkan ASI, Kini Diolah Pula Jadi Tepung


Tumbuhan Coleus amboinicus atau yang oleh orang-orang suku Batak biasa disebut torbangun adalah tanaman pangan yang sering dipakai untuk memperlancar Air Susu Ibu (ASI). Tanaman ini biasanya disajikan dalam bentuk sayur atau sup.

Berkaitan dengan hal tersebut Dr Tetty Herta Doloksaribu, STP, MKM, dari Poltekkes Kementerian Kesehatan Medan melihat sebetulnya masih banyak potensi dari torbangun yang dapat digali. Bila tanaman bisa diolah sedemikian rupa sehingga nilai tambahnya meningkat maka bukan tak mungkin seluruh ibu di Indonesia mendapatkan manfaatnya.

"Kita meneliti bagaimana mengembangkan makanan tambahan dari ini. Akhirnya kami buat tepung karena dari tepung bisa diolah berbagai macam produk," ujar Tetty ketika memaparkan studinya dalam acara Parade Doktor di Kementerian Kesehatan, Selasa (24/11/2015).

Baca juga: Nyeri Saat Menyusui Anak? Bisa Jadi Karena Depresi Pasca Melahirkan

"Kami coba buat cereal siap saji dan hasilnya 95 persen panelis kita bisa menerima. Jadi bukan hanya di suku Batak saja karena panelis kami dari Jawa Barat," lanjut Tetty.

Studi sebelumnya telah membuktikan bahwa torbangun bisa meningkatkan produksi ASI dan membantu kesuksesan progam ASI eksklusif. Ketika diolah menjadi tepung, manfaat tersebut diyakinkan Tetty juga masih tetap ada dan telah ia buktikan.

Dalam studi, ibu hamil yang diberi produk makanan tambahan dari torbangun selama 30 hari menunjukkan skor yang lebih baik dalam program ASI eksklusif. Dilaporkan bahwa ibu dengan asupan torbangun pada minggu pertama rata-rata menyusui lebih lama 47,1 menit.

Dari hasil yang baik tersebut, Tetty mengatakan langkah selanjutnya adalah bagaimana mengembangkan hal ini ke arah praktik industri. Menurutnya torbangun adalah kekayaan alam yang sayang bila tak diolah dengan baik.

"Ini adalah penelitian pelestarian budaya lokal. Terhadap perekonomian ini juga membawa nilai tambah," pungkasnya.

Baca juga: Ingin Perbanyak ASI dengan Obat-obatan? Perhatikan Dulu Pesan Dokter

0 Response to "Tanaman Torbangun Bisa Lancarkan ASI, Kini Diolah Pula Jadi Tepung "

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme